blog wirausaha wirausahawan,sohupakmet iqbal indonesia indonesia SOHUPAKMET: Teori kewirausahaan part 1
loading...

SOHU mini

SOHU

Minggu, 17 Mei 2020

Teori kewirausahaan part 1

sebenarnya ini lebih cocok untuk orang-orang yang mau belajar tentang kewirausahaan lebih dalam namun tak ada salahnya membaca untuk menambah ilmu ,langsung saja


Teori awal kewirausahaan menurut beberapa ahli antara lain :

1. Teori Neo Kalsik.

Teori ini memandang perusahaan sebagai sebuah istilah teknologis, dimana (individu) hanya mengetahui biaya dan penerimaan perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan.
Jadi, pendekatan neo klasik tidak cukup untuk menjelaskan mengenai kewirausahaan.
 Dalam teori ini, kemandirian sangat tidak terlihat,  namun cukup bisa menjadi teori awal untuk melahirkan teori-teori mengenai kewirausahaan selanjutnya.


2. Teori Kirzerian Entrepreneur.

 Dalam teori ini, Kirzer menyoroti tentang kinerja manusia, keuletannya, keseriusannya, kesungguhannya dalam berusaha, sehingga maju mundurnya suatu usaha tergantung pada upaya dan keuletan sang pelaku usaha. Dari berbagai disiplin ilmu, lahirlah teori kewirausahaan yang dipandang dari sudut pandang mereka masing-masing :

A. Teori ekonomi memandang bahwa lahirnya wirausaha disebabkan adanya peluang, dan ketidakpastian masa depan yang  melahirkan peluang untuk dimaksimalkan, hal ini berkaitan dengan keberanian mengambil peluang, berspekulasi, menata organisasi, dan melahirkan berbagai inovasi.

B. Teori Sosiologi lebih mempelajari tentang asal-usul budaya dan nilai-nilai sosial di suatu masyarakat, yang akan berdampak pada kemampuannya menanggapai peluang usaha dan mengolah usaha, contoh orang cina di pandang pandai berwirausaha.

C. Selanjutnya Teori Psikologi.
 Teori ini lebih menekankan pada motif individu yang melatarbelakangi dirinya untuk berwirausaha, apabila sejak kecil ditanamkan untuk berprestasi, maka lebih besar kemungkinan seorang individu lebih berani dalam menanggapi peluang usaha yang diperoleh.

D. Yang terakhir adalah Teori Perilaku (Behavior). Bagaimana seorang wirausaha harus memiliki kecakapan dalam mengorganisasikan suatu usaha, memanajemenkan keuangan dengan teiliti, mebnagun jaringan, dan memasarkan produk, dibutuhkan pibadi yang supel dan pandai bergaul unutk memajukan suatu usaha.

Selanjutnya
SOHU ( Sakti cOrporation in Heart of Universal )

Teori kewirausahaan part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

});